Artikel

KISAH SUKSES WALT DISNEY

Kisah Sukses Walt Disney yang Sangat InspiratifFoto: Gustavo Caballero/Getty Images
Walt Disney Company adalah salah satu media kerja sama terbesar di dunia dalam hal pendapatan. Perusahaan yang terdiri dari berbagai bidang yaitu jaringan televisi, saluran kabel, perusahaan produksi dan distribusi terkait dan stasiun televisi. Beberapa di antaranya yang termasuk Jaringan Televisi yaitu ABC, Disney Channel, ESPN Inc. dan Televisi Khusus CTV. Film dan kartunnya dikenal dan dicintai di seluruh dunia, mempunyai wahana permainan, permainan, pakaian, CD dan barang dagangan lainnya.

Jadi apa yang membuat Mr Disney dan perusahaannya begitu terkenal? Siapa sebenarnya orang di balik salah satu bisnis paling sukses di dunia?

Walt Disney lahir di Chicago pada tahun 1901. Keluarganya pindah dari Chicago ke Missouri dan kemudian akhirnya menetap di Kansas City saat Walt berusia sembilan tahun. Karena keluarga tersebut tidak kaya, Walt dan saudara laki-lakinya bekerja sebagai paperboys dan tidak mempunyai banyak waktu untuk sekolah. Ketika Walt memiliki waktu luang, dia bisa ditemukan di teater tempat dia mempelajari vaudeville dan menghafal lelucon mereka. Dia sangat menikmati menggambar kartun.

Ketika Walt berusia 16 tahun, hidupnya tiba-tiba berubah saat Amerika memasuki Perang Besar. Seorang pemuda patriotik, Walt mencoba mendaftarkan diri ke tentara namun ditolak karena usianya. Dia berhasil menempa tanggal lahirnya, namun, ia ditempatkan di unit Palang Merah. Dia menghabiskan sisa perang di Prancis, di mana dia mengemudikan mobil ambulans dan kemudian membantu operasi pasca perang.

Ketika Walt kembali ke keluarganya di Kansas, Roy yang membantunya mendapatkan pekerjaan di Studio Seni Pesmen-Rubin. Di sini, dia membuat iklan untuk surat kabar dan majalah. Dia bertemu dengan sesama kartunis dan teman seumurannya bernam Ubbe Iwerks, dan keduanya memutuskan untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Mereka menyebutnya Iwerks-Disney Commercial Artists tapi mengalami kegagalan. Jadi, Disney mencari pekerjaan lain di Kansas City Film Ad Company. Perusahaan ini membuat iklan kartun berdasarkan potongan kertas, dan pertama kali memperkenalkan Walt ke dunia animasi film dan kartun.

Walt terpesona oleh dunia ini dan membenamkan dirinya di dalamnya. Dia membaca Kartun Animasi Edwin G. Lutz: Bagaimana Mereka Dibuat, Asal dan Perkembangannya serta buku abad ke-19 lainnya oleh seniman Inggris tentang pergerakan hewan dan manusia. Meminjam kamera dari perusahaan, dan dia memulai membuat kartunnya sendiri di gudang halaman belakang rumahnya. Walt's Laugh-O-Grams populer di wilayah Kansas City dan melalui kesuksesan mereka, Walt memperoleh sebuah studio dan merekrut animatornya sendiri. Pada usia 20 tahun, Walt dan teman-temannya adalah sekelompok anak-anak yang membuat film pendek yang menyenangkan berdasarkan dongeng melalui proses trial and error. Walt tidak berhenti bereksperimen.

Sebuah perusahaan bernama Pictorial Clubs menandatangani kontrak dengan Laugh-O-Gram Company yang menetapkan Disney dan rekan kerjanya akan mendapatkan US$ 11.100. Meski Walt menggugat dan memenangkan kasus ini, dia menerima sedikit kompensasi. Walt mulai mengerjakan sebuah produksi bernama Alice's Wonderland. Proyek ini berisiko karena Walt telah memasukkan karakter live-action ke dalam dunia animasi. Namun, saat dipertengahan jalan proyek Walt telah bangkrut dan Laugh-O-Grams gulung tikar.

Pada Juli 1923, Walt menjual kameranya. Dengan sedikit uang yang dimilikinya, ia pindah ke Hollywood. Dia telah memutuskan ingin tampil di bisnis film dan membayangkan dirinya sebagai sutradara. Dia pindah dengan pamannya Robert Disney dan berangkat untuk mencari pekerjaan. Setiap studio di kota menolaknya. Sebagai upaya terakhir Walt kembali pada bidang animasi. Dia telah mengirim proyeknya yang belum selesai Alice's Wonderland.

Ketika sang distributer menawarinya sebuah kesepakatan, Walt meminta saudaranya Roy dan teman baiknya Iwerks untuk bergabung dengannya, dan bersama-sama mereka memulai Studio Disney Brothers. Di studio inilah seorang wanita muda bernama Lillian Bounds dipekerjakan dan bertemu dengan Walt. Setelah setahun berkencan, keduanya menikah.

Serial berganti nama menjadi Alice Comedies, dan mencapai keberhasilan. Margaret Winkler telah menikahi Charles Mintz yang mengambil alih perusahaan tersebut dan menginginkan serial animasi baru. Ini didistribusikan oleh Universal - perusahaan besar pertama yang mendistribusikan salah satu kartun Disney. Begitu sukses sehingga film tersebut diputar di bioskop utama di seluruh negeri. Mintz punya rencana lain untuk Oswald (Karakter kartun yang dibuat Disney). Dia memutuskan tidak lagi membutuhkan Walt, dan ia membajak karyawan Walt dan menghasilkan kartun itu sendiri. Sebagai distributer, Mintz memiliki hak untuk melakukan apa yang disukainya dengan kartun tersebut.

Setelah ditinggalkan oleh karyawannya, Disney sekali lagi bekerja sendiri. Dia memutuskan saat itu juga, hanya akan mengerjakan karakter yang dia miliki haknya. Di perjalanan pulang kereta dari New York, Walt tahu dia sangat membutuhkan ide baru. Dia tidak mau mengakui telah kehilangan Oswald tanpa rencana lain. Di belakang pikirannya ia memiliki gagasan tentang seekor tikus - karakter simpatik yang memiliki banyak potensi. Dia menamai kartunnya dengan nama mouse Mortimer, namun akhirnya berubah menjadi Mickey Mouse berkat desakan istrinya.

Meski Mickey Mouse tidak sukses dalam semalam. Mickey pertama kali muncul pada bulan Mei 1928 di Plane Crazy yang belum selesai. Enam bulan kemudian ia membintangi Steamboat Willie bersama pasangan Minnie. Walt telah membuat kesepakatan dengan pengusaha Amerika Pat Powers yang akan menyediakan semua peralatan suara yang diperlukan ke bioskop dan mendistribusikan kartun tersebut. Kartun itu memiliki suara pendengar yang bagus, dan sebuah orkestra. Walt memiliki gagasan yang sangat unik dan spesifik untuk suara Mickey tapi tidak dapat menemukan orang yang bisa meniru cara dia membayangkannya. Jadi Walt lah yang menyuarakan Mickey. Walt dan tikusnya membuat berita di halaman depan, dan Mickey akhirnya berhasil mengalahkan pesaing karakter kartun lainnya, Felix the Cat.

Penasaran dengan animasi dan musik, Walt menghasilkan seri yang disebut Silly Symphony. The Skeleton Dance, dan menjadi sangat populer. Pada tahun 1932, Walt menemukan fenomena baru dari teknicolour. Dia telah mengerjakan sebuah proyek bernama Flowers and Trees, yang merupakan bagian dari seri Symphony Silly.

Di tahun-tahun berikutnya, Walt mengambil peran baru di dalam perusahaannya. Dia ingin fokus pada pengembangan cerita untuk proyek baru, dan sambil memberikan bimbingan kepada animatornya, ia akan membiarkan animasi itu dikerjakan mereka. Sebuah sekolah seni didirikan di dalam perusahaan, dan setiap animator diharuskan menjalani pelatihan khusus dalam gaya animasi Disney. Kemudian suatu hari di tahun 1930-an Walt mengadakan sebuah pertemuan. Tidak seperti pertemuan lainnya, dia memulai dengan menceritakan ulang dongeng masa kecil favoritnya, Putri Salju dan Tujuh Kurcaci, secara spontan memerankan semua bagian. Cerita inilah yang para animator dengan pelatihan baru mereka bawa ke layar perak.

Meskipun Walt adalah orang yang sangat sibuk, pada hari Sabtu dia selalu mengajak kedua anak gadisnya keluar untuk berlibur. Dia duduk dan makan kacang, saat melihat anak-anak nya di atas kemudi putar. Ia berpikir seharusnya ada taman hiburan yang dibangun untuk dinikmati bersama keluarga. Namun, ia tidak bisa mendanai taman itu sendiri, jadi dia mengarahkan pandangannya ke televisi. ABC menyelesaikan kesepakatan dengan Disney di mana ia memiliki 35% saham di Disneyland dengan imbalan investasi setengah juta. Sebuah pertunjukan mingguan yang disebut Disneyland diproduksi. Selama 3 tahun berturut-turut, ini adalah satu-satunya pertunjukan di 15 program teratas. Sekali lagi, faktor besar keberhasilannya adalah inovasinya dalam warna - sesuatu yang Walt katakan adalah investasi yang bagus. Walt juga menciptakan The Mickey Mouse Club - sebuah acara untuk anak-anak yang dipandu oleh anak-anak.

Tahun 50-an adalah periode ekspansi finansial yang besar untuk Disney. Ini berasal dari pendapatan sebesar US$ 6 juta pada awal dekade ini menjadi US$ 70 juta. Pada saat itu Cinderella dirilis dan menjadi film Disney paling sukses sejak Putri Salju, Peter Pan dan Lady dan the Tramp menerima resepsi yang bagus.

Pada Juli 1955, Walt menjadi tuan rumah pemutaran perdana dunia dari taman hiburan barunya, Disneyland. Dia berbicara pada sekelompok besar orang, termasuk teman-teman terkenal seperti Ronald Regan dan Bob Cummings, dengan kata-kata berikut:

Kepada semua orang yang datang ke tempat yang membahagiakan ini: Selamat datang. Disneyland adalah tanahmu. Di sini usia menghidupkan kembali kenangan indah masa lalu, dan di sini kaum muda dapat menikmati tantangan dan janji masa depan. Disneyland didedikasikan untuk cita-cita, impian, dan fakta sulit yang telah menciptakan Amerika, dengan harapan kita akan menjadi sumber kegembiraan dan inspirasi bagi seluruh dunia.

Di New York World Fair, Walt menghasilkan pameran di mana hewan dan manusia dapat bergerak melalui teknologi sebagai tokoh animatronik. Dia menggabungkan gagasan ini dengan keinginannya untuk membuat perahu anak-anak dan menghasilkan pameran. Ini adalah Dunia Kecil. Saat pameran ditutup, pameran ini dipindahkan ke Disneyland.

Pada saat Oscar berusia 62 tahun, Walt telah memenangkan 31 Academy Awards. Dia berada di puncak karirnya. Salah satu tokoh paling terkenal di dunia. Tapi kesehatannya memburuk, ia terkena kanker. Walt segera menjalani operasi dan hanya diberi waktu 6 bulan sampai 2 tahun untuk hidup.

Kunjungan terakhir Roy, dia mengatakan Walt telah mulai berbicara dengan sangat bersemangat tentang proyek Florida mereka yang baru dan dapat melihat peta lengkap tentang apa yang pada akhirnya akan diberi nama Walt Disney World. Untuk menghormatinya, di langit-langit di atas tempat tidur rumah sakitnya. Walt meninggal pada pukul 9.30 pagi pada tanggal 15 Desember 1966, 10 hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Roy, yang ingin pensiun, maju terus dengan perusahaan. Walt Disney World dibuka pada Oktober 1971.

Perusahaan yang ditinggalkan Walt telah mencapai kesuksesan fenomenal, terutama di era Disney Renaissance pada tahun 90an. Seseorang yang sangat inovatif dan penuh gairah yang menuntut kualitas tertinggi dan tidak takut bereksperimen dengan setiap usaha.

Seperti yang pernah dikatakan Walt, "Saya hanya berharap kita tidak pernah melupakan satu hal, bahwa semuanya dimulai oleh seekor tikus."


Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3619075/kisah-sukses-walt-disney-yang-sangat-inspiratif









KISAH INSPIRATIF PENGUSAHA SUKSES INDONESIA




Belakangan ini banyak orang mulai lebih melirik dunia usaha ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka sendiri. Banyak kisah sukses para pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjajal dunia wirausaha. Di sini Anda bisa menyimak kisah sukses 8 orang pengusaha dari tanah air yang berskala menengah hingga besar, tua maupun muda, yang rata-rata memulai dari bawah dan serba sulit sebelum mencapai kesuksesan yang sekarang.

1. Bob Sadino

Bob Sadino
Bob Sadino via kopipait.web.id
Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri.
Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.  Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti via wordpress.com
Perempuan kelahiran 1965 yang sekarang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah Presiden Jokowi ini adalah seorang pengusaha yang terkenal tegas. Ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dari nol. Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan. Dengan modal hanya Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster.
Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut. Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat atau laut, Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.

3. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman
Reza Nurhilman via blogspot.com
Bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.
Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.
Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.  Melalui Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan. Angka yang fantastis, bukan?

4. Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau
 Sunny Kamengmau via indonesiayoungentrepreneurs.com
Anda pernah mendengar tas tangan merek Robita? Tas Robita yang begitu populer di Jepang ini bahkan kabarnya menjadi idaman oleh semua kalangan sosialita di negara sakura itu. Orang yang berada di balik 'dapur' tas merek Robita ini adalah Sunny Kamengmau, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Siapa sangka pemuda yang tidak pernah lulus SMA itu akhirnya menjadi pengusaha sukses yang dapat menginspirasi siapa pun yang mendengar kisahnya.
Sunny mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel. Selang beberapa lama ia pun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Gaji pertamanya ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing tersebut dan mempelajarinya dengan tekun. Keberuntungan mungkin memang berada di pihaknya sejak awal ia dipekerjakan di hotel tersebut, karena di sana ia berkenalan dengan seorang pengusaha asal Jepang yang kemudian memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Meski sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan hampir kehilangan semua penjahit tas yang bekerja untuknya, Sunny perlahan bisa bangkit dan bisnis tasnya itupun kian diperkokoh hingga mampu memiliki 100 orang karyawan.

5. Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming
Gibran Rakabuming via wordpress.com
Saat ini nama Gibran Rakabuming mungkin sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, di luar fakta bahwa ayahnya, Joko Widodo, adalah seorang presiden negara republik Indonesia. Gibran adalah pemilik sebuah bisnis di bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari.
Sebelum menjabat menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo merupakan pengusaha mebel. Namun, Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Ia memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk modal. Meski sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut ia pun memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil. Berkat kemampuan dan keuletannya sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang.

6. Nicholas Kurniawan

Nicholas Kurniawan
Nicholas Kurniawan via ceritaprasmul.com
Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun saat ini di usianya yang masih sangat belia, 20 tahun, ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas pun berniat untuk mengubah nasibnya. Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan, jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik  kelas saat kelas 2 SMA, ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp100 juta.

7. Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq
Hamzah Izzulhaq via makeindonesia.com
Pemuda kelahiran 1993 ini sudah membuktikan diri sebagai pengusaha muda yang sukses. Sejak kecil, ia sudah terlihat memiliki bakat berbisnis, yakni dengan berjualan kelereng, petasan, hingga koran. Ia juga pernah menjadi tukang parkir dan ojek payung. Saat tengah mengikuti seminar bisnis pelajar ketika masih duduk di bangku SMA, Hamzah ditawari usaha waralaba bimbingan belajar oleh seorang pemuda yang juga masih muda namun sudah memiliki bimbingan belajar dengan 44 cabang. Dengan bermodal uang Rp5 juta dan pinjaman Rp70 juta dari ayahnya, ia membeli salah satu cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambilalih seharga Rp175 juta. Sisanya yang sebesar Rp100 juta dibayar dengan dicicil dari keuntungan setiap semester. Usahanya itu semakin berkembang, dan kini Hamzah sudah memiliki 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa di atas 200 orang setiap semester. Sejak akhir 2011, bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Pemuda 22 tahun ini menjabat sebagai direktur utama.

8. Yasa Singgih

Yasa Singgih
Yasa Singgih via money.co
Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak sangat belia. Sejak berusia 15 tahun, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia mulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik. Selain itu, masih di usia yang sama, ia mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias, namun tidak bertahan lama karena persoalan pemasok. Setahun kemudian, di usia 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis mode. Sempat jatuh bangun dan diremehkan orang, hingga rugi ratusan juta rupiah dari berbagai bisnis, sebelum akhirnya ia berhasil membangun brand pakaian sendiri dengan mengusung nama Mens Republic. Selain itu, ia juga mengelola usaha konsultasi manajemen bernama MS Consulting serta kompleks perumahan dalam bentuk kavling tanah di Bogor.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia








TIPS SUKSES MENJADI WIRAUSAHA MUDA


Menjadi wirausaha muda merupakan impian sebagian besar orang. Namun, tidak mudah mencapai impian tersebut. Seorang pengusaha untuk menjadi sukses harus pandai memulai usaha, mengelola, dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang produktif. Selain itu ada hal-hal penting yang harus diperhatikan seorang pengusaha muda untuk mencapai sukses.
Tips Menjadi Pengusaha Sukses
Fokus. Tidak jarang seorang entrepreneur muda begitu bersemangat memulai sebuah bisnis, sehingga mengambil semua peluang usaha yang ada. Padahal tidak semua peluang tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah dan menghasilkan keuntungan.
Melakukan semua usaha dalam waktu bersamaan membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang panjang. Jika Anda ‘nekat’ mengerjakan beberapa usaha dalam waktu bersamaan, resiko untuk gagal cukup besar. Sebab Anda tidak akan memiliki cukup tenaga untuk mengelola berbagai bisnis. Apalagi jika bisnis yang didirikan baru saja dirintis. Tentunya membutuhkan perhatian lebih untuk masing-masing usaha.
Sebaiknya pilih satu bidang usaha saja, yang benar-benar diminati dan dikuasai. Dengan demikian, konsentrasi Anda hanya tertuju pada satu jenis usaha tersebut. Tentunya kerja Anda akan lebih maksimal, sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang menarik.
Kerjakan apa yang dipahami. Jangan memulai bisnis hanya karena alasan usaha tersebut sedang tren dan menawarkan keuntungan yang besar. Sebab jika Anda tidak memahami apa yang dikerjakan, hasilnya akan percuma. Lebih baik melakukan sesuatu yang benar-benar dikuasai dan disukai.
Bisnis yang dibangun dengan pengetahuan dan bakat yang dimiliki berpotensi untuk sukses. Sebab usaha yang tumbuh bersama dengan hati Anda akan berkembang dengan lebih baik. Ini adalah kunci menciptakan bisnis yang menguntungkan dan tetap produktif dalam waktu lama.
Kuasai konsep bisnis dengan sempurna. Anda adalah motor penggerak dari bisnis yang dirintis. Jadi perlu menguasai konsep bisnis dengan baik, agar pengembangan usaha tidak keluar dari tujuan awal mendirikan bisnis. Prinsip bisnis ini penting terutama saat menarik investor dan menjalin kerja sama dengan pihak lain.
Kenali kekurangan dan kelebihan diri. Anda harus mengenali diri sendiri dan jangan merasa paling tahu tentang bisnis Anda. Harus ada pembimbing yang dapat memberikan saran dan pengetahuan yang belum dikuasai dalam menjalankan bisnis.
Berteman dengan entrepreneur sukses dapat menjadi pendorong Anda untuk meraih sukses. Belajar dari pengalamannya dan mendengarkan nasihatnya membantu bisnis Anda menjadi sukses.
Belajar dari kegagalan. Sehebat apa pun rencana bisnis Anda, tidak sepenuhnya berjalan lancar. Saat kegagalan datang jangan mudah putus asa dan mudah berganti bisnis. Tetapi jangan pula menunggu terlalu lama untuk mencoba peluang bisnis baru. Yang paling penting adalah belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Sukses Mengembangkan Usaha
Menjadi seorang pengusaha sukses dilihat dari usaha yang berkembang. Tidak mudah melakukan hal tersebut, sebab memerlukan kerja keras dan kesabaran. Selain itu butuh strategi bisnis yang mumpuni, agar bisnis yang dirintis dapat disebut sukses. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.
Meningkatkan Pemasaran dengan Memperluas Jaringan
Cara paling ampuh untuk memperluas pemasaran adalah dengan mengenali target pasar dengan baik. Dengan mengidentifikasi calon konsumen, maka Anda dapat menyusun strategi marketing yang efektif.
Strategi marketing kedua adalah dengan berpromosi. Lakukan promosi secara konsisten dan kreatif. Usaha ini dilakukan untuk memperkenalkan produk yang Anda jual kepada konsumen.
Mendengarkan Apa yang Diinginkan Pelanggan
Berusaha memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan peluang untuk memproduksi barang atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengembangkan usaha dan berpotensi sukses. Kepuasan pelanggan adalah hal penting karena mempengaruhi penjualan.
Menambah Varian Produk
Kebanyakan bisnis, terutama yang sudah besar tidak berpikir untuk melakukan pembaruan dengan meluncurkan produk baru. Ini dikarenakan pengusaha terlena dengan pelanggan setia yang menggunakan produk mereka. Padahal perluasan bisnis dapat terjadi jika Anda menambahkan produk dan layanan untuk dapat menangkap segmen pasar baru.
Beberapa cara pengembangan bisnis tersebut penting dilakukan untuk meraih sukses dalam bidang usaha. Tentu saja untuk menjadi wirausaha muda yang sukses harus berani mengambil resiko dan bekerja keras mengembangkan usaha.


Sumber : http://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Tips-Sukses-Menjadi-Wirausaha-Muda/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger